Mardini (2006) IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIK PADA PERMAINAN PUZZLE. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Puzzle adalah sebuah segiempat dimana ditempatkan beberapa ubin persegiempat. Masing-masing ubin mempunyai nomor diatasnya. Sebuah ubin yang berdekatan dengan ruang kosong dapat digeser ke dalam ruang tersebut. Permainan terdiri dari sebuah posisi awal dan spesifikasi posisi akhir atau tujuan. Dalam menyelesaikan permainan puzzle adalah dengan trial and error. Dengan cara trial and error ini kurang efisien karena waktu yang digunakan dalam menyelesaikan permainan puzzle tersebut cukup lama dan langkah-langkah yang digunakan tidak sistematis yang memungkinkan akan terjadi pengulangan pada langkah yang sama. Salah satu metode yang akan dipakai untuk menyelesaikan permasalahan puzzle ini adalah dengan menggunakan algoritma genetik. Algoritma genetik adalah algoritma pencarian yang bekerja berdasarkan mekanisme seleksi alam dan genetika alam untuk menentukan struktur-struktur atau individu-individu berkualitas tinggi yang terdapat dalam sebuah domain yang disebut populasi. Untuk dapat menyusun puzzle ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu : representasi kromosom, parameter algoritma genetik seperti Pc, Pm, Popsize, dan Maxgen. Kata Kunci : Puzzle, Algoritma genetik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:43 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/7306 |
Actions (login required)
View Item |