Sari, Riadrana (2006) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN JIDOOSHI DAN TADOOSHI (Penelitian terhadap mahasiswa Sastra Jepang UNIKOM tingkat II tahun ajaran 2. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertitik tolak pada masalah mengenai jidooshi dan tadooshi yang kurang dikuasai oleh pembelajar bahasa Jepang, maka penulis berpikir perlu mengangkat masalah yaitu : 1. Kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa Kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa Sastra Jepang dalam penggunaan Jidooshi dan Tadooshi?, 2. Faktor kesulitan apa saja yang mempengaruhi terjadinya kesalahan tersebut?, 3. Apasaja upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kesalahan atau kesulitan tersebut? Dari masalah tersebut maka penelitian ini diberi Judul “Analisis Kesalahan Jidooshi dan Tadooshi (penelitian terhadap mahasiswa Sastra Jepang UNIKOM tingkat II tahun ajaran 2004/2005)”. Tujuan penelitian berdasarkan tema tersebut adalah untuk: 1. Untuk mengetahui letak kesalahan yang dilakukan para mahasiswa Sastra Jepang tingkat II Universitas Komputer Indonesia di dalam penggunaan Jidooshi dan Tadooshi, 2. Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan yang menyebabkan kesalahan, 3. Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen data penelitian yang digunakan yaitu berupa Test prestasi tentang jidooshi dan tadooshi juga angket terbuka dan angket tertutup. Tes dan angket ini ditujukan kepada responden mahasiswa Sastra Jepang tingkat II sebanyak 13 orang. Pengolahan data test dan angket pengidentifikasiannya menggunakan statistik, untuk menghitung jumlah rata-rata persentase kesalahannya menggunakan rumus persentase. Melalui data dari angket dapat diketahui persentasi responden tentang tingkat kesulitan jidooshi dan tadooshi, faktor kesulitan yang menyebabkan kesalahan dalam penggunaan jidooshi dan tadooshi, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan atau kesalahan tersebut. Melalui analisis data, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: 1.Kesalahan mahasiswa dalam penggunaan jidooshi dan tadooshi berupa kesalahan morfologi berikut abstein adalah 50.37%, 2.Kesalahan sintaksis pemilihan partikel berikut abstein adalah 40.1%, 3.Kesalahan sintaksis pola kalimat ga te iru dan ga te aru adalah 72.3%. Persentase total rata-rata seluruh kesalahan yang dilakukan mahasiswa adalah 54.3%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lebih dari setengah mahasiswa melakukan kesalahan. Dari data angket diketahui faktor kesulitan yang menyebabkan kesalahan yaitu kesulitan pemilihan partikel dan penggunaan verba dan upaya yang dilakukan adalah dengan cara menghapalnya, mengikuti benkyoukai atau lebih memaksimalkan lama belajar Berdasarkan hal diatas mahasiswa Sastra Jepang UNIKOM Tingkat II perlu lebih memahami lagi materi jidooshi dan tadooshi agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak terjadi lagi, hal ini juga harus ditunjang dengan sistem pengajaran dan pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif agar materi jidooshi dan tadooshi yang dikatakan sulit menjadi lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:43 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8041 |
Actions (login required)
View Item |