Nazhir, Ahmad (2007) APLIKASI STREAMING MEDIA DI PT. TELKOM DIVRE III.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini komunikasi telah menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi setiap individu. Hal ini semakin diperkuat dengan pesatnya perkembangan teknologi telekomunikasi dalam berbagai bentuk transformasinya yang semakin mempermudah manusia untuk dapat berinteraksi dengan sesama tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Kapan saja dan dimana saja, sejauh media transmisi tersedia, komunikasi dalam berbagai bentuk manifestasinya (data, audio, video) dapat terjalin secara cepat dan aktual. Berpangkal tolak untuk menjembatani konvergensi karyawan Telkom Divisi Regional III Jawa Barat–Banten yang relative cukup besar dalam hal memperoleh layanan informasi yang berkaitan dengan perkembangan kebijakan perusahaan dan materi knowledge mangement dalam bentuk multimedia (data, text, audio, video) maka salah satu upaya yang telah dijajaki oleh Unit Customer Care Divre III adalah dengan menerapkan aplikasi Streaming Media yang telah di dukung oleh jaringan infrastruktur yang memadai, khususnya jaringan LAN/WAN, yang memungkinkan proses pertukaran informasi multimedia dalam skala luas (high bandwidth) dapat terlayani. Dengan layanan Multimedia streaming, diharapkan informasi yang berisi audio, video dapat dimanfaatkan secara luas dan dikelola secara lebih efektif dan efisien. Terdapat sejumlah masalah dan dilema yang muncul didalam rencana penerapan aplikasi multimedia streaming yang dijumpai penulis, yaitu : a. Bandwidth Menjadi hal mendasar karena lalu-lintas paket informasi yang akan dilalukan adalah paket informasi berbasis multimedia (text, gambar, audio, video) yang memerlukan kapasistas bandwidth relatif cukup besar sehingga bila tidak terencana dan terkelola secara baik di dalam penerapannya akan mengakibatkan network congestion & low speed network yang akan berpengaruh terhadap proses transaksi data aplikasi-aplikasi lain selain aplikasi streaming media. b. Sinkronisasi & Delay Hal ini dapat terjadi manakala kondisi jaringan & bandwidth buruk atau kurang memadai sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau dan delay yang besar pada materi streaming yang menggunakan protokol HTTP/TCP untuk membawa & meneruskan paket data karena sifatnya yang connection oriented. c. Interoperability Materi yang ada harus dapat dijalankan oleh semua jenis client, CPU yang berbeda, O/S yang berbeda dan media player yang berbeda. Berpangkal tolak dari alasan diatas dan setelah melakukan proses evaluasi kami mengambil perumusan masalah mengenai objek berkaitan dengan teknik penerapan streaming server yang dapat menjaga keseimbangan antara kualitas materi yang diterima oleh user dengan tingkat keamanan kondisi bandwidth pada network yang menjadi media lalu-lintas materi multimedia streaming dimana yang menjadi dasar kajian adalah analisa model penerapan aplikasi unicast streaming server yang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Teknik Informatika > 2007 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:44 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8749 |
Actions (login required)
View Item |