Kajian dari batasan jumlah agregat pipih untuk campuran aspal beton

Bachtiar, Zulkarnain (2000) Kajian dari batasan jumlah agregat pipih untuk campuran aspal beton.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Secara umum jumlah aggregate pipih yang berlebihan pada suatau campuran akan mengakibatkan kinerja campuran tersebut menurun dan biasanya diberikan jumlah batas maksimum yang diizinkan. Standar Bina Marga untuk kandungan agregat pipih yang diizinkan tidak boleh lebih dari 25%. Tetapi dilapangan persyaratan tersebut tidak selalu dapat dipenuhi. Program penelitian yang tertuang dalam tesis ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh agregat pipih pada sifat-sifat campuran agregat dan campuran aspal menggunakan desain metoda Marshall berdasarkan standar Bina Marga. Agregat pipih dengan kandungan 0%, 15%, 25% dan 35% telah dipergunakan dalam penelitian; dimana kandungan tersebut didapat dari sejumlah agregat yang tertahan saringan nomor 19,1 mm, 12,7 mm dan 9,52 mm. Campuran agregat dengan kandungan agregat pipih sampai dengan 35% menunjukkan sifat-sifat seperti: kekuatan, ketahanan dan kekerasan yang memuaskan berdasarkan hasil pengujian Aggregate crushing, Agregate impact, ten percent fines dan Los Angeles abrasion, namun kwalitasnya akan berkurang seiring dengan naiknya kandungan agregat pipihnya.Campuran aspal dengan kandungan agregat pipih sampai dengan 35% menunjukkan hasil yang memuaskan berdasarkan criteria Bina Marga. Indek Ketahanan Stabilitas dari campuran aspal menunjukkan hasil yang baik terhadap kerusakan yang disebabkan oleh air. Pengaruh utama dari campuran pada ketahanan pemempatan adalah teemperatur yang tinggi; ketahanan akan berkurang secara signifikan apabila kandungan agregat pipih bertambah. Data ketahanan pemampatan permanen yang ada menunjukkan bahwa batas maksimum Bina Marga 25% yanga ada saat ini mungkin terlalu tinggi. Selanjutnya, dibutuhkan suatu program pengujian yang lebih mendukung dengan memasukkan perhitungan dari indirect tensile strength, resilient modulus, dan kemudahan pelaksanaan sebelum dapat diambil kesiimpulan yang pasti.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Engineering > Highway Systems And Eng. > 2000
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/902

Actions (login required)

View Item View Item