PERANCANGAN DESAIN PROMOSI EVEN SIAWARE KE-10 DI LORCO INTERACTIVE

Rahman Hakim, Arief (2007) PERANCANGAN DESAIN PROMOSI EVEN SIAWARE KE-10 DI LORCO INTERACTIVE.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kerja praktek merupakan unit tugas yang harus diikuti setiap mahasiswa selain perkuliahan, praktikum dan Tugas Akhir/Skripsi dalam rangka pengembangan pengetahuan mahasiswa. Oleh karena itu, kesempatan ini harus dilaksanakan sebaik mungkin oleh setiap mahasiswa dalam rangka menunjukkan kemampuannya di dalam dunia kerja nyata. Jika di dalam perkuliahan orientasinya terhadap nilai, jika di lapangan berarti kita memang benar-benar mengerjakan projek dari klien yang sesungguhnya. Dipakai atau tidaknya desain yang kita buat merupakan hal lain, tapi setidaknya dapat menjadi gambaran tentang kemampuan kita. Tapi yang paling penting adalah apakah mental kita sudah siap memasuki dunia kerja. Wagiono Sunarto MSc mengatakan bahwa desain grafis adalah bidang yang penuh dengan tantangan kreatif dan artistik. Kerja praktek bagi praktikan merupakan sebuah tantangan yang sebenarnya. Di suasana yang jelas berbeda dengan ruangan perkuliahan kita dituntut untuk tetap kreatif atau bahkan harus lebih kreatif karena timbal-baliknya bukan nilai bagus atau nilai jelek, tapi desain yang kita buat adalah milik klien yang telah bersedia membayar. Di dalam dunia kerja yang sesungguhnya, proses merancang suatu desain yang diajarkan di perkuliahan terkadang harus melelui proses yang panjang. Misalnya untuk menentukan visual dalam rancangan multimedia harus benar-benar dilakukan survey terhadap target yang akan dituju media tersebut, atau untuk menentukan gaya bahasa dan tipografi di dalam rancangan promosi media cetak, harus benar-benar didapat data tentang target, segmentasi, dan psikologi dari target market yang dituju. Hal-hal ini menjadi penting agar promosi tersebut menjadi efektif, dan pesan yang disampaikan bisa diterima dengan positif. Pada dasarnya, desain sendiri merupakan usaha menyampaikan pesan-pesan baik secara verbal, visual maupun secara simbolis. Teori-teori yang didapatkan dari perkuliahan menjadi fleksibel ketika dihadapkan pada kenyataan yang sebenarnya. Sehingga pelaksanaan kerja praktek sendiri merupakan pengalaman yang bermanfaat bagi kemajuan mahasiswa menuju tahap selanjutnya yaitu profesi di bidangnya.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2006
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9380

Actions (login required)

View Item View Item