Nurliani, Rini (2007) TINJAUAN MEKANISME ARUS DANA RECEIPT PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN UNIT PELAYANAN DAN JARINGAN (UPJ) BANDUNG UTARA.
Full text not available from this repository.Abstract
Melaksanakan pembangunan pada saat ini merupakan hal yang sudah menjadi keharusan bagi suatu negara. Tanpa adanya Pembangunan, maka suatu negara akan semakin jauh dari kemakmuran. Pembangunan yang dilaksanakan selain untuk mencapai keadaan yang lebih baik, juga ditujukan untuk mencapai kemandirian. Untuk mengejar ketinggalan dari negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika, maka kita sebagai negara berkembang harus lebih menggiatkan pembangunan, khususnya pembangunan dalam bidang ekonomi tanpa melupakan pembangunan di bidang – bidang lainnya, seperti; Bidang Politik, Sosial Budaya, Pertahanan dan Keamanan, Hukum, dan segala aspek kehidupan. Pembangunan tergantung pada beberapa faktor seperti faktor Sumber Daya Alam (SDA), faktor Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam bidang ketenagakerjaan dan faktor modal. Faktor – faktor ini saling terkait satu sama lain sehingga manusia sebagai subjek pembangunan harus dapat memanfaatkan dan memadukannya secara optimal. Faktor Alam yang dimiliki oleh suatu negara cenderung ditujukan untuk kegiatan yang bersifat produktif, sehingga dapat digunakan untuk modal selanjutnya. Salah satu contoh adalah pembelian alat-alat atau mesin sebagai penunjang kegiatan perusahaan. Namun dilain pihak karena semakin berkembangnya teknologi, sebagian besar alat atau mesin tidak dapat digunakan secara langsung, melainkan masih memerlukan energi penggerak lainnya. Dengan bantuan teknologi maka manusia dapat mengolah sumber daya alam yang ada secara maksimal, hasil dari sumber daya alam ini dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Hasil olahan ini dapat didistribusikan kepada masyarakat untuk menopang kehidupan mereka. Salah satu perusahaan yang mengolah sumber daya alam yang kemudian mendistribusikan hasil olahannya adalah Perusahaan Listrik Negara (PT. PLN), perusahaan ini mendistribusikan listrik yang diolah dengan menggunakan beberapa teknologi diantaranya melalui air (PLTA), uap (PLTU), dan ombak (PLTO). Di samping itu, pada saat ini sedang digalakkan sumber listrik dengan menggunakan tenaga nuklir. Dengan adanya listrik, masyarakat dapat menikmati siaran TV atau radio, menghidupkan alat – alat elektronik, dan memberikan penerangan baik dirumah ataupun di jalan – jalan. Agar PT. PLN (PERSERO) ini dapat terus mensuplai listrik untuk masyarakat, maka perusahaan ini memerlukan masukkan yaitu berupa dana yang tidak sedikit. Dana ini di dapat dari masyarakat, baik dari perusahaan maupun perumahan dan diberi subsidi dari pemerintah. Untuk mewujudkan peningkatan pelayanan pelanggan dan sekaligus mempercepat aliran masuknya dana hasil penagihan, maka disediakan sarana pembayaran rekening listrik secara On Line. Yaitu dengan bekerjasama dengan pihak Bank sebagai mitra kerja. Sehingga jumlah tagihan listrik yang lunas dan jumlah uang yang diterima dapat dimonitor dari waktu kewaktu dan keterlambatan informasi yang selalu terjadi dalam sistem konvensional dapat dihindari. Dengan adanya pembayaran dengan sistem yang membantu dan memudahkan masyarakat diharapkan dapat pula membantu Perusahaan dalam meningkatkan kinerja dilapangan. Setelah adanya sistem pembayaran yang disediakan oleh PT. PLN (PERSERO) yang bekerja sama dengan pihak Bank Mitra Kerja, maka kerja praktek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengamati dan mengetahui Mekanisme Arus Dana Receipt di PT. PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Barat dan Banten Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Utara.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:45 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9464 |
Actions (login required)
View Item |