PERANAN CUSTOMER SERVICE KANTOR DANA PENSIUN TELKOM BANDUNG DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PARA PESERTA PENSIUN TELKOM

Apriani, Mia (2009) PERANAN CUSTOMER SERVICE KANTOR DANA PENSIUN TELKOM BANDUNG DALAM MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PARA PESERTA PENSIUN TELKOM.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Customer Service Kantor Dana pensiun Telkom bandung dalam menjalin hubungan baik dengan para peserta pensiun Telkom dan untuk mendeskripsikan kegiatan Customer Service Kantor Dana pensiun Telkom Bandung dalam menjaga hubungan baik dengan para peserta pensiun Telkom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Guna melengkapi data dari penelitian ini, penulis mempergunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, Observasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Dalam penelitian ini penulis mengambil populasi yaitu seorang Officer II Data dan Customer Service Kantor Dana Pensiun Telkom Bandung yang berjumlah 2 (dua) orang. Adapun Teknik sampel yang digunakan adalah Purpose Sampling. Hasil penelitian menunjukan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Customer Service Kantor Dana Pensiun Telkom Bandung dalam menjaga hubungan baik dengan para peserta pensiun Telkom yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial maupun sosialisasi yang dilakukan secara rutin maupun insidentil. Media yang dipergunakan oleh Customer Service Kantor Dana Pensiun Telkom adalah media elektronik seperti telephone dan website, ataupun dengan melakukan komunikasi langsung (face to face). Pesan yang dipergunakan berupa Informativ. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan Customer Service Kantor Dana Pensiun Telkom Bandung sangat penting dalam rangka menjalin suatu hubungan yang baik dengan para peserta pensiun Telkom, hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan yang telah dilakukan , dari pesan yang disampaikan dan media yang dipergunakan oleh Customer Service Kantor Dana Pensiun Telkom Bandung. Saran bagi Customer Service Kantor Dana Pensiun Telkom Bandung adalah, menambah kegiatan-kegiatan yang bersifat rutin maupun Insidentil yang dapat menajlin suatu hubungan yang baik dengan para peserta pensiun Telkom. Dan saran bagi peneliti adalah lebih inisiatif dan kreatifitas dalam melakukan penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: customer service
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:51
Last Modified: 16 Nov 2016 07:51
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item View Item